Sabtu, 13 Agustus 2011

Nokia E72

Seperti namanya, Nokia E72 dibangun dari konsep ponsel bisnis Nokia sebelumnya, E71 yang merupakan produk Nokia paling laris dipasaran. Ada beberapa fitur yang masih dipertahankan, seperti layar QVGA 2,4 inci, microSD card slot, Symbian S60 3rd Edition, dan FM radio. Bahkan desainnya pun sekilas amat mirip dengan ketebalan bodi yang sama, walaupun menurut saya sedikit lebih keren dibanding E71 terdahulu.

Tapi di luar kesamaan tersebut, E72 telah mengemas banyak peningkatan fitur. Kameranya sekarang memiliki resolusi 5 megapixel, koneksi data jauh lebih cepat dengan HSDPA yang lebih cepat (sampai 10 Mbps) dan teknologi HSUPA (sampai 2 Mbps) yang mempercepat upload dan fungsi GPS sekarang juga telah memuat kompas digital. Untuk mempermudah menjelajah email dan fitur lainnya, Nokia memasukkan Navi key optical yang baru.

Sepertinya bentuk dan ukuran seri Nokia E72 terbaru ini didesain sama persis dengan Nokia E71, meskipun ada beberapa perbaikan pada beberapa bagian ponsel. Ukurannyapun sama persis hanya saja agak lebih tebal dengan dimensi 114 x 59,5 x 10.1 mm dengan berat 128 gram dan lebih berat dari E71.

Seri E71 yang identik dengan warna chrom metalik masih tetap ada pada E72 ini dengan garis mengelilingi sisi ponsel yang berbalut warna hitam. Dibagian atas tersedia lubang jack headset berukuran 3,5 mm dengan kualitas suara yang mumpuni, jika dibandingkan dengan E71 yang hanya menyediakan slot 2 mm, E72 ini jauh meleati saudaranya tersebut untuk urusan musik. Sisi kiri tersedia slot microSD dan micro USB dengan tutup berbahan plastik bukan karet seperti biasanya.

Disisi kanan terdapat dua tombol valume dan voice key, dan dibagian bawah disediakan lubang charger 2 mm. Bagian lain yang berbeda adalah loadspeaker yang dipindahkan ke bagian belakang yang pas dengan lokasi kamera sehingga tidak merubah kualitas suara yang dihasilkan, tetep oke.

Untuk layar E72 sama dengan nokia e71 dengan 2,36 inchi QVGA (320×240 piksel, 48×36 mm) dengan kedalaman 16 juta warna. Keypad tetep menjadi hal utama yang dipertahankan Nokia dengan jejeran Thumboard QWERTYnya. Dari keseluruhan desain keypad E72 lebih mirip dengan E63, sedangkan bahan dan bentuknya mirip E71 yang agak lebih besar dan lebih tinggi, tidak ada maslaah yang berarti menggunakannya.

Tombol navigasi E72, sangat nyaman digunakan karena memiliki optical joystik didalamnya lengkap dengan tombol OK, banyak ponsel Smasung menggunakan teknologi ini, sayangnya agak sering meleset karena belum terbiasa. Jika kita buka, tersedia energi yang berasal dari baterai 1500 mAh Li-Pol (BP-4L) yang sama dengan E71 yang mampu bertahan 20 hari dalam kondisi standby dan 12,5 jam waktu bicara. Untuk mendengarkan musik bisa bertahan hingga 37.5 jam.

FIRST TOUCH

Nokia-E72-b

Tampilan Nokia E72 ini agak sedikit berbeda, kini dibagian bawah tersedia 3 buah icon yang menunjukkan informasi missed call. Message dan voice mail. Tersedia juga pilihan tampilan 14 buaah menu khas Nokia pada desktop, yang membuat pengoperasian jauh lebih mudah dan cepat.

Pada posisi standby, Anda dapat mengetikkan huruf atau angka appaun di layar dan ponsel akan secara otomatis mencari daftar nama dalam phonebook. Untuk urasan musik, Nokia E72 memiliki kemampuan yang sama dengan seri Nokia 5730 Xpress Music dengan tambahan chip audio khusus. Dibandingkan dengan E71, Nokia E72 ini memiliki CPU (ARM11) yang lebih cepat dan mampu beroperasi hingga kecepatan 600Mhz, sedangkan E71 hanya 369 Mhz.

Kamera E72 dilengkapi dengan 5 Megapiksel CMOS modul yang autokus. Fokusing gambar jauh lebih mudah menggunakan optical joystik, dengan resolusi maksimal gambar 5M-Large 2592 x 1944 piksel dengan ukuran file sekitar 2 Mb. Ketika merekam video, E72 menyediakan software image stabilizer yang membuat rekaman video terlihat lebih stabil dengan resolusi maksimal MPEG4 (640×480 piksel).

Koneksi menggunakan USB Anda dapat melakukan berbagai aktifitas, seperti Data Transfer, PC Suite dan Image Print dengan kecepatan transfer data maksimal hingga 2 Mbps. Atau koneksi secara wireless menggunakan Bluetooth v.2.0 dengan dukungan EDR yang mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hinga 100 kbps. Jika belum puas, koneksi lain yang tak kalah penting adalah WiFi (IEEE 802.11 g), semua pengaturan mampu didukung sempurna oleh WiFi E72 ini, sayangnya E72 ini belum mendukung universal PnP (UpnP).

Software pendukung E72 ini tidak jauh berbeda dengan E75 dan ponsel nokia seri E lainnya yang dipaket dengan Lotus Traveler dan merupakan bagian dari Symbian S60. Fitur penting yang wajib ada untuk ponsel bisnis adalah Nokia Mail client versi 2.0 dengan dukungan HTML. Cukup masukkan pengaturan account baru email Anda seperti Gmail atau Yahoo, masukkan password dan ponsel Anda telah terhubung.

Tak perlu khawatir kehabisan storage penyimpanan atau kecepatan proses karena kehabisan memori, Nokia E72 dilengkapi dengan 250 Mb data penyimpanan. Jika belum puas, Nokia E72 ini mampu mendukung Micro SD hingga 32 Gb.

Nokia-E72-d

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar